1 comment

10 Sebab PC Menjadi Lembab Dan Cara Untuk Mengatasinya





Pernahkah PC anda menjadi lembab seperti kura-kura berjalan? Tentu anda akan menjadi bengang dengan situasi ini kerana ianya akan melambatkan kerja-kerja yang sedang anda lakukan menggunakan PC tersebut.

Masalah ini menunjukkan PC anda telah mengalami gangguan (trouble) dan anda mesti segera mencari punca masalah tesebut dan cara untuk mengatasinya (troubleshooting).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya “ PC Lembab”. Berikut adalah faktor-faktor penyebab masalah tersebut dan cara untuk mengatasinya:







1. Spyware dan Virus

Spyware dan Virus merupakan salah satu penyebab PC yang lambat, kerana kedua-duanya paling mudah menyusup kedalam PC, lebi-lebih lagi jika PC anda disambung dengan internet. Spyware berasal dari banner-banner dan iklan-iklan di suatu halaman web yang mulai beraksi bila kita mengakses halaman / banner tersebut melalui sesebuah browser yang memiliki ciri-ciri keselamatan yang lemah, sehingga spyware ini sangat dekat dengan browser IE yang kita gunakan.Manakala Virus pula boleh masuk melalui e-mail dan download software di internet (biasanya software-software percuma)

Beberapa cara untuk menghapuskan spyware: 1.Kenal pasti dan analisa proses yang sedang berjalan dengan menggunakan windows task manager. 2. Kenal pasti dan non aktifkan service yang bersangkutan melalui management console. 3. Kenal pasti dan non aktifkan service yang ada di startup item dengan sistem configuration utilty. 4. Cari dan hapus entry di registry yang ada pada startup. 5. Kenal pasti dan hapus file yang mencurigakan. 6. Install dan gunakan spyware detection dan removal.



Untuk mengesan dan membersihkan virus pula kita wajib menggunakan perisian AntiVirus. Dalam memilih Antivirus, sebaiknya anda menggunakan AntiVirus yang terbaik dan mantap untuk mengesan dan membersihkan virus pada PC anda.





2. Processor Overheating.

Kebanyakan prosesor mudah menghasilkan haba panas, sehingga memerlukan pendingin khas dan jenis kipas khas,apabila suhu prosesor meningkat melampaui batas, sistem akan menjadi lambat dan proses akan berjalan lembab. Kipas prosesor yang gagal berfungsi adalah disebabkan:

1. Debu dan habuk yang memenuhi kipas dan menghalang kipas berpusing dengan lancar.

2. Motor kipas yang telah rosak.

3. Bearing kipas yang doll sehingga menjadikan kipas “jiggling”.

Jiggling adalah jika kipas yang sedang berpusing mengeluarkan bunyi krek-krek secara cepat disebabkan bearing kipas yang sudah mulai doll.





3. Ram yang rosak.

Beberapa situasi juga terjadi disebabkan masalah ram yang rosak, hal ini terjadi kerana:

1. RAM timing lebih lambat dari spesifikasi mesin yang optima.

2. RAM yang memiliki nilai minor yang hanya boleh dilihat setelah melalui beberapa test.

3. RAM terlalu panas.





4. Harddisk yang failure.

Jika harddisk sering mengalami failure, ini juga akan memburukkan prestasi PC,banyak penyebabnya masalah ini boleh terjadi,seperti maslah mekanikal, elektronik atau firmwarenya yang tidak update, harddisk ini akan menyebabkan:

1. Akses time yang lambat.

2. Jumlah bad sector yang terus meningkat semasa di scandisk.

3. Muncul Bluescreen.

4. Gagal Boot.





5. Bios Settings.

Biasanya bios yang belum dicustom settingnya akan mengalami proses lembab untuk beberapa ketika, khususnya pada saat booting, untuk itu kita harus mengcustom bios setting agar prestasi kerja proses boot akan berjalan dengan cepat, secara umumnya setting bios yang harus diperhatikan adalah seperti berikut:

1. Boot langsung ke harddisk.

2. Disable IDE drive yang tidak dipakai.

3. Set speed latency RAM.

4. Matikan IO / IRQ perangkat onboard yang tidak dipakai.

5. Gunakan Fast POST.





6. Disk type/controller compatibility.

Biasanya motherboard sekarang sudah memiliki kontroler yang baik untuk paralel ATA disk, namun kita harus memperhatikan kabel IDE nya, karena kabel ini memiliki beberapa spesifikasi tertentu, ada yang udma 33, 66, dan 100, kalau kita lihat secara luaran, bentuk kabelnya memiliki serabut yang halus-halus dan banyak, sedangkan yang udma 33 serabutnya sedikit, jadi gunakanlah kabel yang memiliki spesifikasi yang tinggi untuk disk kita.





7. Windows Services.

Beberapa service yang harus diperhatikan dan dimatikan jika kita tidak memerlukanya adalah:

1. FTP 2. Indexing Service

2. Remote Registry

3. Telnet

4. Remote Access

5. Remote Desktop

6. Automatic Update





8. Process yang invisible.

Kadang-kadang tanpa kita ketahui ada saja program yang berjalan

di memory, padahal kita sudah tidak menggunakannya lagi atau bahkan kita sudah menguninstallnya namun programnya masih ada yang berjalan, untuk itu kita harus memperhatikan process apa saja yang sedang berjalan di PC kita dengan melihat task manager dan kita boleh end taskkan atau kill, lalu kita boleh menghapuskan .exe nya.





9. Disk Fragmentation.

Sebagaimana karakter file dalam sesebuah komputer pasti mengalami proses file tersebut di add, di edit, atau di hapus, hal tersebut dapat menyebabkan fragmentasi di beberapa area sektor harddisk, untuk itu kita perlu mengemaskini data di komputer kita dengan cara mendefragnya.Jika kita menggunakan windows xp, kita boleh menggunakan defrag.exe dan meletakannya di schedule agar dapat berjalan pada waktu yang kita tentukan.





10. Background applications.

Kalau kita perhatikan di systray apabila kita klik arrow kirinya akan berderetlah icon yang banyak, semakin banyak icon yang terpasang di systray itu menyebabkan komputer semakin lambat merespons proses, kerana memory banyak yang terpakai untuk proses itu, kita perlu mematikannya atau menonaktifkan icon program yang tidak diperlukan iaitu dengan mengakses registry:

HKEY_ LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run dan

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce

Hapuslah key yang tidak diperlukan.

Inilah diantara langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah PC lambat dan lembab supaya prestasi PC anda akan kembali mantap tanpa perlu untuk menginstall semula.

1 comment:

  1. oke,thank's infonya sob?

    KUNBAl,saya tunggu

    ReplyDelete